Bentuk Sel Batang Kapuk

Thursday, December 1st, 2016 - Tanaman
Bentuk Sel Batang Kapuk

Bentuk Sel Batang Kapuk

Sel Batang Kapas – Bentuk Sel Batang Kapuk
Setelah diamati di bawah mikroskop, sel dari kapuk (Cieba pentandra) berbentuk seperti benang-benang atau filamen. Dengan bentuk selnya yang berupa benang dapat berfungsi sebagai jalur transportasi untuk menyalurkan cairan-cairan dan cadangan makanan yang berada di dalamnya sehingga sel tersebut tetap hidup. Susunan selnya renggang dan tidak teratur. Memiliki ukuran sel yang panjang dan agak besar.

Pada tanaman kapas (Gossypium sp), yang diamati di bawah mikroskop memiliki bentuk sel berupa serabut-serabut halus yang ukurannya panjang dan kecil. Bentuk sel pada kapas menyerupai tabung yang di dalamnya terdapat benang-benang seperti serat. Memiliki susunan sel yang tidak teratur.

Pada buah pepaya muda (Carica papaya), yang diamati di bawah mikroskop bentuk selnya tampak seperti bola yang tidak teratur. Selnya tersusun rapat. Bentuk sel ini dapat disebut juga dengan isodiametrik. Dengan bentuk selnya yang bulat sehingga dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan mampu menyerap cadangan makanan lebih banyak karena bentuk penampangnya lebih luas.

Bentuk Sel Batang Kapuk

Bentuk Sel Batang Kapuk | admin | 4.5