Binahong Merah

Wednesday, November 9th, 2016 - Health, Tanaman
Binahong Merah

Manfaat Binahong Merah dan khasiat

Binahong Merah – Saat ini mungkin banyak sekali tanaman yang mulai punah dan tanaman tersebut mungkin mempunyai manfaat dan khasiat lebih manjur daripada obat obatan medis, diantaranya adalah daun binahong merah dan daun sirih merah. Apabila penyakit sudah mulai menyerang dengan keadaan yang sangat terjepit, membutuhkan biaya dan lain sebagainya untuk perawatan medis, maka tanaman inilah obat alternatif untuk pencegahan dan pengobatan.

Perbedaan binahong hijau dan binahong merah dimana daunnya lebih lebar, batangnya besar, binahong hijau pembibitannya dengan menggunakan biji, pertumbuhannya juga lebih lambat sedangkan binahong merah dengan melalui stek, pertumbuhannya juga semakin lebih cepat dan keduanya tumbuh lebih subur pada tanah yang lembab.

Secara alami daun binahong merah dan binahong hijau merupakan jenis tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang kurang lebih lima meter. Berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.

Daunnya termasuk jenis tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata). Helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan aman untuk dikonsumsi

Bunganya Binahong Merah majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, berbau harum. Akarnya berbentuk rimpang, berdaging lunak.

Binahong Merah

Binahong Merah | admin | 4.5