Morfologi Bayam

Thursday, February 12th, 2015 - Biologi
morfologi bayam

morfologi bayam

Morfologi Tumbuhan Bayam

Akar Bayam

Akar tanaman bayam duri sama seperti akar tanaman bayam pada umunya, yaitu memiliki sistem perakaran tunggang.

Batang bayam

Batang tanaman bayam duri ini kecil berbentuk bulat, lunak dan berair. Batang tumbuh tegak bisa mencapai satu meter dan percabangannya monopodial. Batangnya berwarna merah kecoklatan. Yang menjadi ciri khas pada tanaman ini adalah adanya duri yang terdapat pada pangkal batang tanaman ini.

Daun bayam

Daun spesies ini termasuk daun tunggal. Berwarna kehijauan, bentuk bundar telur memanjang (ovalis). Panjang daun 1,5 cm sampai 6,0 cm. Lebar daun 0, 5 Berwarna kehijauan, bentuk bundar telur memanjang (ovalis). Panjang daun 1,5 cm sampai 6,0 cm. Lebar daun 0,5 3,2 cm. Ujung daun obtusus dan pangkal daun acutus. Tangkai daun berbentuk bulat dan permukaannya opacus. Panjang tangkai daun 0,5 sampai 9,0 cm. Bentuk tulang daun bayam duri penninervis dan tepi daunnya repandus.

 Bunga bayam

Merupakan bunga berkelamin tunggal, yang berwarna hijau. setiap bunga memiliki 5 mahkota. panjangnya 1,5-2,5 mm. Kumpulan bunganya berbentuk bulir untuk bunga jantannya. Sedangkan bunga betina berbentuk bulat yang terdapat pada ketiak batang. Bunga ini termasuk bunga inflorencia.

Buah bayam

Berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang 1,5 mm.

 Biji bayam

Berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 – 1 mm.

Morfologi Bayam

pin bb cewek smp, artikel mengenai keripik bayam, batang bayam disebut batang ?, jenis batang bayam
Morfologi Bayam | admin | 4.5