Paramecium

Friday, April 8th, 2016 - Biologi
Gambar Paramecium

Gambar Paramecium

Peranan Paramecium – klasifikasi paramecium – reproduksi paramecium

Pengertian paramecium Merupakan salah satu protista mirip hewan, ciri-ciri paramecium dan struktur tubuh paramecium Protista ini berukuran sekitar 50-350ɰm. Paramecium telah memiliki selubung inti (Eukariot). Uniknya Protista ini memiliki dua inti dalam satu sel, yaitu inti kecil (Mikronukleus) yang berfungsi untuk mengendalikan kegiatan reproduksi, dan inti besar (Makronukleus) yang berfungsi untuk mengawasi kegiatan metabolisme, pertumbuhan, dan regenerasi.

Ciri Ciri Paramecium

1. Memiliki bentuk tubuh yang tetap.

2. Bentuk tubuh tumpul pada ujung depan, melebar pada bagian tengah dan lancip pada bagian belakang.

3. Memiliki alat gerak berupa bulu getar (cillia).

4. Cilia berfungsi sebagai alat gerak untuk mengambil makanan dan memasukkan makanan serta sebagai penerima rangsangan.

5. Tubuh dilindungi oleh membran fleksibel yang disebut pelikel. Didalam pelikel terdapat sitoplasma. Sitoplasma dibedakan atas endoplasma dan ektoplasma. Pada ektoplasma terdapat spindel yang disebut trikosist tempat keluarnya cillia.

6. Dalam sel Paramaecium terdapat inti makro (makronukleus) dan inti mikro (mikronukleus). Inti makro berfungsi dalam metabolisme, sedangkan inti mikro berfungsi dalam reproduksi.

7. Pada bagian tengah terdapat celah mulut (oral groove) dan bagian dalamnya membentuk mulut sel (cytostom) dengan saluran pendek yang dinamakan sitofaring. Zat-zat yang berupa sisa metabolisme dikeluarkan dari tubuh melalui sitofage. Vakuola makanan berfungsi mencerna makanan, sedangkan vakuola kontraktil berfungsi mengeluarkan kelebihan air atau osmoregulasi (mengatur tekanan osmosis dalam darah) dan mengedarkan zat makanan.

8. Paramaecium hidup di air tawar yang banyak mengandung sisa-sisa organisme dan mudah ditemukan pada air rendaman jemaran atau rumput.

9. Reproduksi secara s3ksual dengan cara konjugasi dan secara as3ksual dengan cara pembelahan.

Reproduksi Paramecium

yaitu Paramecium bereproduksi secara aseksual (membelah diri dengan cara transversal), dan seksual (dengan konjugasi). Paramecium bergerak dengan menggetarkan silianya. Hal ini akan terlihat jika menggunakan mikroskop.

Mereka menangkap makanan dengan cara menggetarkan silianya, maka terjadi aliran air keluar dan masuk mulut sel. Saat itulah bersamaan dengan air masuk bakteri bahan organik atau hewan uniseluler lainnya. memiliki vakuola makanan yang berfungsi untuk mencerna dan mengedarkan makanan, serta vakuola berdenyut yang berguna untuk mengeluarkan sisa makanan.

Paramecium bereproduksi secara s3ksual dan as3ksual. Reproduksi s3ksual dengan cara konjugasi. Adapun reproduksi as3ksual dengan cara pembelahan biner.

Berikut ini adalah tahapan reproduksi s3ksual pada Paramecium

  • Reproduksi seksual diawali dengan saling melekatnya oral grove.
  • Inti makro melebur dan inti mikro mengalami serangkaian pembelahan.
  • Pembelahan inti mikro selesai.
  • Inti mikro dari setiap Paramecium berpindah ke area di antara kedua Paramecium.
  • Inti mikro membelah secara mitosis.
  • Inti mikro melebur membentuk satu inti mikro di setiap Paramecium.
  • Melalui serangkaian proses pembelahan, terbentuklah inti makro. Kedua Paramecium memisahkan diri.
  • Setiap Paramecium membelah dan menghasilkan empat Paramecium muda.

Paramecium

Paramecium | admin | 4.5