Pengelompokan Protozoa

Wednesday, June 1st, 2016 - Biologi
pengelompokan protozoa

pengelompokan protozoa

Pengelompokan Protozoa – Protozoa merupakan binatang yang paling banyak di dunia. Mereka adalah sebagai konsumen bagi bakteri (Prokaryotes). Dimana bakteri memainkan peranan penting dalam menjaga bumi sebagai tempat yang cocok untuk tempat tinggal dan protozoa memainkan peranan penting dalam mengendalikannya.

Istilah Protozoa berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos berarti pertama dan zoon berarti hewan. Sesuai dengan klasifikasi, Protozoa termasuk Protista yang menyerupai hewan. Kelompok ini mulanya “dibentuk” untuk mengelompokan organisme yang bukan tumbuhan dan bukan hewan. Itulah sebabnya Protozoa disebut organisme seperti hewan (animal like).Protista dibagi 3 yaitu Protozoa,Ganggang,Protista menyerupai Jamur

Berdasarkan struktur tubuh dan alat geraknya, phylum Protozoa dikelompokkan menjadi empat

1.Rhizopoda,Bergerak dengan kaki semu (pseudopodia)yang merupakan penjuluran protoplasma sel.

2. Ciliata (Ciliophora),Anggota Ciliata ditandai dengan adanya silia (bulu getar) pada suatu fase hidupnya, yang digunakan sebagai alat gerak dan mencari makanan.

3. Flagellata (Mastigophora), Bergerak dengan flagel (bulu cambuk) yang digunakan juga sebagai alat indera dan alat bantu untuk menangkap makanan.

4. Apicomplexa (Sporozoa),Tidak memiliki alat gerak khusus, menghasilkan spora (sporozoid) sebagai cara perkembang biakannya.

Pengelompokan Protozoa

Pengelompokan Protozoa | admin | 4.5