Pengertian Tumbuhan Epifit

Friday, April 10th, 2015 - Tanaman
Pengertian Tumbuhan Epifit

Pengertian Tumbuhan Epifit

Pengertian Tumbuhan Epifit adalah tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya, tumbuhan epifit hidup menempel pada tumbuhan lain tanpa ”mencuri” hara dari tumbuhan inangnya. Walaupun demikian, epifit dapat menjadi pesaing terhadap ketersediaan cahaya. Akar epifit kadang-kadang juga menutupi dan menembus batang pohon yang ditumpangi sehingga merusak keseimbangan fisiologi tumbuhan inangnya. Contoh tumbuhan epifit adalah anggrek dan paku-pakuan.

Namanya dibentuk dari bahasa Yunani yaitu epi = permukaan atau tutup dan phyton = tumbuhan atau pohon.

Berbeda dengan parasit, epifit dapat sepenuhnya mandiri, lepas dari tanah sebagai penyangga dan penyedia hara bagi kehidupannya, maupun dari hara yang disediakan tumbuhan lain.

Air diperoleh dari hujan, embun, atau uap air. Hara mineral diperoleh dari debu atau hasil dekomposisi batang serta sisa-sisa bagian tumbuhan lain yang terurai. Meskipun tidak “mencuri” hara dari tumbuhan yang ditumpanginya, epifit dapat menjadi pesaing terhadap ketersediaan cahaya. Akar epifit kadang-kadang juga menutupi dan menembus batang pohon yang ditumpangi sehingga merusak keseimbangan fisiologi tumbuhan inangnya.

Contoh Tumbuhan Epifit yang populer adalah berbagai macam anggrek, nanas-nanasan (bromeliad), serta paku-pakuan.

Pengertian Tumbuhan Epifit

pengertian tumbuhan epifit
Pengertian Tumbuhan Epifit | admin | 4.5