Perbedaan Virus dan Virion

Sunday, July 26th, 2015 - Health
Pengertian Struktur Virion

Pengertian Struktur Virion

Perbedaan Virus dan Virion – Perbedaan Virus dengan Virion – Struktur Virion – Fungsi Virion

Pengertian Virion adalah partikel patikel dari virus  tersebut yang lengkap, yang utuh secara struktural dan menular, yang dalam bentuk tidak aktif karena berada di luar tubuh organisme hidup. Satuan kehidupan pada virus inilah yang disebut dengan Virion dan dari inti asam nukleat yang dikelilingi lapisan protein yang bersifat antigenik yang disebut dengan kapsid.

Struktur Virion terdiri dari “Kapsid” dari bahan Protein yang diambil dari mahkluk hidup lain, mudahnya virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Virion terdiri dari asam nukleat dan selubung protein (kapsid/kulit protein yang simetris yang menutupi genom asam nukleat). Kapsid dan asam nukleat itu dinamakan nukleokapsid. Virion juga merupakan partikel virus infektif yang dalam keadaan tertentu (adenovirus, papovavirus, picornavirus) dapat identik dengan nukleokapsid. Pada virion yang lebih kompleks (herpes virus, mixovirus) yaitu meliputi nukleokapsid dengan pembungkus yang mengelilinginya.

Fungsi Virion berfungsi sebagai alat transportasi gen, sedangkan komponen selubung dan kapsid bertanggung jawab dalam mekanisme penginfeksian sel inang.

Pengertian Virus adalah mikroorganisme yang sangat kecil dan mengandung molekul asam nukleat / DNA atau RNA. Molekul asam nukeat ini yang membawa semua informasi genetik yang diperlukan untuk mengadakan replikasi di dalam sel yang dimasukinya, Sifat virus adalah merupakan parasit obligat pada sel yang hidup.

Sifat sifat Virus
Virus berbeda dengan makhluk lain karena mempunyai sifat sifat seperti

  • Virus hanya mengandung salah satu asam nukleat saja, DNA atau RNA
  • Untuk reproduksinya hanya diperlukan asam nukleat saja
  • Virus tidak memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri di luar sel-sel hidup

 

Perbedaan Virus dan Virion

Perbedaan Virus dan Virion | admin | 4.5