Perbedaan Virus dengan Sel

Gambar Virus

Gambar Virus

Perbedaan Virus dengan Sel –¬†Perbedaan Virus dan Sel

Bentuk Virus terdiri dari ada yang bebentuk silindris, oval, kotak, dan bentuk kecebong. Ukuran 30 nm-300nm (0.03 -0.3 mikron).

Struktur Virus terdiri dari kepala dan ekor, kepala terdiri dari DNA dan RNA diselubungi kapsid yang terdiri dari protein. Bentuk kapsid yaitu prisma, heksagonal dan pentagonal.

Virus yang mengandung DNA dan Virus yang mengandung RNA. Replikasi virus DNA yang terbungkus dan virus benang plus RNA.

Virus berbeda dengan makhluk lain karena mempunyai sifat-sifat seperti:

1). Virus hanya mengandung salah satu asam nukleat saja, DNA atau RNA.
2). Untuk reproduksinya hanya diperlukan asam nukleat saja, dan 3). Virus tidak memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri di luar

sel-sel hidup

No

Ciri

Virus

Sel

1 Struktur Hanya terdiri dari asam nukleat dan pembungkus protein (kapsid). Terdiri asam nukleat, membran plasma, sitoplasma, ribosom dan sebagainya.
2 Asam Nukleat ADN atau ARN, tidak pernah terdapat keduanya. Ada ADN dan ARN
3 Enzim Paling banyak mempunyai dua jenis enzim yaitu: lisozim untuk mencerna dinding sel bakteri dan polimerase untuk membantu replikasi genom virus ADN/ARN. Memiliki bermacam-macam enzim dengan fungsi yang berbeda-beda
4 Metabolisme Virus menggantungkan pada sel inang, baik sumber monomer maupun penyusunan proteinnya Dapat hidup mandiri, dapat membentuk ribosom dan  membentuk enzim sendiri yang diperlukan untuk penyusunan asam nukleat maupun protein.
5 Reproduksi Genom asam nukleat dan protein kapsid dibentuk sendiri-sendiri dan kemudian bergabung menjadi partikel virus. Setelah tumbuh kemudian membelah menjadi dua sel anak.
Loading...

Perbedaan Virus dengan Sel

Perbedaan Virus dengan Sel | admin | 4.5