Struktur Bunga Kedelai

Wednesday, December 7th, 2016 - Biologi, Tanaman
gambar struktur bunga kedelai

Gambar struktur bunga kedelai

Tanaman ini mempunyai Struktur bunga kedelai yang sedemikian rupa menjadikan bunga tersebut melakukan suatu pembatasan terhadap penyerbukan, yakni penyerbukan yang mereka kontrol sendiri, yaitu penyerbukan sendiri (selfpollination). Penyebrukan sendiri, yaitu kepala putik diserbuki oleh tepung sari dari bunga yang sama.

Struktur Bunga Kedelai yaitu memiliki dua mahkota dan dua kelopak bunga. Warna bunga putih bersih atau ungu muda. Bunga kedelai mempunyai 10 buah benang sari. Sembilan buah di antaranya bersatu pada bagian pangkal dan membentuk seludang yang mengelilingi putik.

Tanaman kedelai mempunyai bunga sempurna, yaitu dalam satu bunga terdapat alat kelamin jantan (benang sari/serbuk sari) dan alat kelamin betina (putik). Bunga kedelai berwarna ungu atau putih. Bunga kedelai biasanya berukuran panjang sekitar enam sampai tujuh milimeter dan secara keseluruhan ukurannya kecil.

Kedelai merupakan tanaman hari pendek, yakni tidak akan berbunga bila lama penyinaran (panjang hari) melampaui batas kritis. Apabila lama penyinaran kurang dari batas kritik, maka kedelai akan berbunga. Pada lama penyinaran 12 jam hampir semua varietas kedelai dapat berbunga beragam dari 20-60 hari setelah tanam. Apabila lama penyinaran melebihi periode kritik, tanaman kedelai akan meneruskan pertumbuhan vegetatifnya tanpa pembungaan (Karamoy, 2009).

Di Indonesia, tanaman kedelai pada umumnya mulai berbunga pada umur 30-50 hari setelah tanam (Fachruddin, 2000). Faktor lain seperti suhu, nutrisi, intensitas cahaya mungkin mempengaruhi respon kedelai yang sesuai untuk pembungaan namun di lapangan lama penyinaran biasanya pengaruh utama dalam induksi pembungaan. Tanaman kedelai biasa mengalami pengguguran bunga, hingga mencapai 75 persen. Kedelai biasanya menghasilkan banyak bunga daripada buah yang terbentuk. (Johnson and Bernard, 1963).

Buah kedelai berbentuk polong dan setiap polong berisi satu sampai empat biji. Biji umunya berbentuk bulat atau bulat pipih sampai bulat lonjong. Ukuran biji berkisar antara 6-30 gram/100 biji. Ukuran biji diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yaitu biji kecil (6-10 gram/100 biji), sedang (11-12 gram/100 biji), dan besar (13 atau lebih/100 biji). Warna kulit biji bervariasi antara lain, kuning, hijau, cokelat, dan hitam

Struktur Bunga Kedelai

Struktur Bunga Kedelai | admin | 4.5