Tanah Globigerina

Monday, July 11th, 2016 - Biologi
tanah globigerina berasal dari rangka

tanah globigerina berasal dari rangka

Tanah Globigerina – Sarcodina/Rhizopoda ialah hewan bersel satu dapat membentuk kaki semu. Ciri –ciri rhizopoda, yaitu:1. Alat gerak: pseupodia.2. Ada yang telanjang maupun bercangkang3. Bentuk sel berubah-ubah.4. Sitoplasma terdiri dari endoplasma dan ektoplasm5. Reproduksi: aseksual (pembelaha biner), sebagian dapatmembentuk kista.6. Heterotrof (memangsa alga uniseluler, bakteri, protozoalain).7. Biasanya hidup bebas di tanah lembab dan lingkunganberair, beberapa parasit.

Rhizopoda ada yang memiliki cangkang keras. Cangkang itu terbuat dari silikon (misalnya Radiolaria) atau kalsium karbonat (misalnya Foraminifera). Jika hewan mati, cangkangnya tetap utuh dan karena tekanan perubahan lingkungan akan berubah menjadi fosil.

Foraminifera Rangka luar dengan zat kapur dengan celah-celah tempat keluarnya benang-benang protoplasma sebagai kaki semu. Rangka yang telah kosong mengandap di dasar laut merupakan tanah globigerina. Fosil-fosil foraminifera berguna sabgai petunjuk dalam penyelidikan tanah yang mengandung minyak bumi. Golongan lain yang merupakan kelompok foraminifera antara lain hastigerina pelagica dan discorbina valvulata.

Tanah Globigerina

Tanah Globigerina | admin | 4.5